Belajar Dari Burung

Oleh: Muh. Samsudin

Keterpurukan atau kegagalan memang menjadi sebuah bayangan buruk yang secara sadar atau \tidak menjadi kekhawatiran setiap orang. Dampak negatif keterpurukan menjadikan seseorang menjadi sangat rendah secara mental maupun secara material. Yang terhadi adalah sulitnya orang tersebut untuk bangkit dari kenyataan dan menertima kejadian yang menimpa itu sebagai sebuah ujian. Ada juga keterpurukan berdamkak positif yaitu menjadikan seseorang tersadarkan arti kata kehidupan dan sejatinya perjalanan hiduip manusia. Ketika kegagalan dan keterpurukan melanda malah menjadikan sesorang tersebut bangkit dan berani menghadpi kenyataan hidup. Saya puinya kata yang tepat untuk bahan renungan : sejatinya modal luar biasa yang diberikan sang pencipta pada manusia adalah kehidupan.


Saat bangun tidur, sehabis sholat subuh secara tidak sengaja saya menyaksikan ustadz Syafi'i Antonio bercerita: (dalam Bahasa saya akan saya ceritakan kemblai kepada para pembaca). Coba kita lihat Burung. Burung sungguh binatang yang mengajarkan kita untuk luar bias menjadi orang yang bisa naik ke derajat yang tinggi. Burung pastilah bangun selalu pagi. jarang ada burung bangun kesiangan. Saat burung mau terbang yang dilakukan adalah menginjakkan kakinya kebumi sehingga naik keatas melawan gravitasi bumi, kemudian mengepakkan sayapnya untuk mempunyai kecepatan terbang yang diinginkan, semakin cepat sayap mengepak maka semakin cepat laju si burung. (sampe sini- saya ketinggalan cerita itu tapi saya menangkap maksud cerita ustadz syafii).


Kalau orang mau mendapatkan sebuah derajat yang tinggi dalam hal apa saja maka, orang harus melakukan aktivitas lompatan yang tinggi pula mau bergerak secepat mungkin, agar mendapatkan derajat yang setinggi mungkin. Dan itu dilakukan sepagi mungkin. karena produktivitas manusia sudah bisa dimulai sejak bangun tidur. Bisa berupa produktivitas jasa maupun produktivaitas barang. bisa pula produktivatas dunia maupun produktivitas akhirat. Nah silhkan dibaca sendiri dan direnungkan sendiri soal burung tadi, pasti ada inpirasi produktivitas lain yang anda dapatkan. Selamat berkarya dan produktif.


Sumber: muhsamjogja.blogspot.com