1.
Nama Sekolah :
SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta
Alamat Sekolah : Jl. KH. Wachid Hasyim
No. 87 Yogyakarta 55262
2.
Status Akreditasi :
Terakreditasi “A” Tgl. 12 Oktober
2009
NSS/NIS : 20 20 46 007 053/20 022 0
NDS :
2004 05 0018
3.
Nama Persyarikatan :
Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta
Alamat Persyarikatan : Jl. Sultan Agung No. 14
Yogyakarta 55151
Kecamatan : Mergangsan
Kabupaten : Kota Yogyakarta
4.
Akte Pendirian Persyarikatan : No. 23528/MPK/’74 Tgl.
24 Juli 1974
5.
Perkembangan Siswa :
Tahun 2009 s.d Tahun 2011
I.
TUJUAN
1.
Tujuan Pendidikan Nasional
Untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggungjawab.
2.
Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan Dasar
Tujuan
pendidikan dasar mengacu pada tujuan umum pendidikan dasar yaitu meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan
untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
3.
Tujuan Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah
Membentuk
manusia Muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cakap, percaya diri
sendiri, berdisiplin, bertanggungjawab, cinta tanah air, memajukan dan
memperkembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan, dan beramal menuju
terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah swt.
B.
VISI SEKOLAH (SMP Muhammadiyah 6)
Mewujudkan
Generasi yang Cerdas, Terampil dan Berakhlakul Karimah.
Indikator:
a.
Unggul dalam perolehan nilai Ujian Nasional
b.
Unggul dalam penguasaan IMTAQ dan IPTEK
c.
Unggul dalam prestasi olahraga dan seni
d.
Unggul dalam bidang akademik
e. Meningkatnya disiplin dari seluruh warga sekolah
C.
MISI SEKOLAH
a.
Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar seefektif
mungkin, inovatif dan kreatif.
b.
Mengaktualisasikan amalan-amalan ibadah dengan tertib
dan benar.
c.
Menyelenggarakan dan mengaktifkan organisasi IPM
sebagai organisasi intra sekolah.
d.
Membiasakan hidup secara Islami dan berakhlakul karimah.
e.
Menanamkan kesadaran sikap disiplin.
f.
Meningkatkan kemampuan peserta didik di bidang
teknologi, informasi dan komunikasi.
D.
TUJUAN SEKOLAH
Sesuai
dengan visi dan misi sekolah, tujuan perguruan Muhammadiyah serta tujuan SMP
Muhammadiyah 6 Yogyakarta, mengantarkan peserta didik untuk:
a)
Mampu melaksanakan dan mengamalkan ibadah dengan
tertib.
b)
Mampu membaca Al-Quran dengan baik dan lancar.
c)
Mampu mewujudkan generasi yang berakhlak mulia.
d)
Memiliki keterampilan komputer dalam mengakses
internet.
e) Mampu mengembangkan ide, gagasan yang tertuang dalam
karya ilmiah, majalah dinding, Mulok batik dan komputer grafis.
f)
Mempunyai kreatifitas seni dan olahraga.
g)
Rata-rata nilai UN setiap tahun ada kenaikan 0,5.
h)
Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
(Student Centered Learning), antara lain; CTL, serta layanan
bimbingan dan konseling.
i)
Mempunyai kreatifitas dalam bidang MIPA.
j)
Melestarikan budaya daerah melalui Mulok Bahasa Jawa
dengan indikator, 65 % peserta didik mampu berbahasa Jawa sesuai dengan
konteks.
k)
Menjadikan peserta didik memiliki kesadaran terhadap
kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya.
l)
Memiliki ruang belajar/kelas yang kondusif dengan
fasilitas belajar yang lengkap.
m)
Memiliki laboratorium IPA dengan fasilitas dan
peralatan yang lengkap.
n)
Memiliki lingkungan sekolah yang nyaman, menyenangkan
dan kondusif untuk kegiatan belajar mengajar.
o)
Memiliki guru yang profesional sesuai dengan latar
belakang pendidikannya.
p)
Mampu menjalin kerja sama yang harmonis dengan
berbagai pihak pemerhati pendidikan.
II.
ANALISIS SWOT DAN IDENTIFKASI
ALTERNATIF STRATEGI
Analisis SWOT dilakukan untuk menilai dalam sarana manakah
SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta kuat dan dalam sarana manakah lembaga pendidikan
ini lemah, serta peluang-peluang dan ancaman-ancaman yang berasal dari luar
lembaga. Jadi, kekuatan dan kelemahan ada dalam tubuh lembaga (internal),
sedangkan peluang dan ancaman berasal dari luar lembaga (eksternal).
Analisis SWOT terhadap SMP Muhammadiyah 6 dirumuskan dalam
bentuk matriks Ordo 2 x 2 berikut ini.
STRENGTHS ATAU KEKUATAN (S)
|
WEAKNESSES ATAU KELEMAHAN (W)
|
1.
Guru yang loyal, (khususnya
guru muda).
2.
Sebagai salah satu sayap dakwah Persyarikatan Muhammadiyah.
3.
Semangat pantang menyerah.
4.
Tenaga pengajar yang memadai.
5.
Libur sekolah pada hari Ahad (sebelumnya hari Jum’at).
|
1.
Gaji guru yang belum layak.
2.
Letak geografis yang kurang representatif.
3.
Masih harus menjadi single fighter.
4.
Biaya operasional sekolah yang masih kurang, sehingga muncul plesetan
MBS, kepanjangan dari “Manajemen Berbiaya Seadanya”.
5.
Pelayanan yang kurang memadai.
|
OPPORTUNITIES ATAU PELUANG (O)
|
THREATS ATAU ANCAMAN (T)
|
1.
Dimata dinas pendidikan, tidak ada perbedaan antara sekolah negeri
ataupun sekolah swasta.
2.
Kerjasama dengan komite sekolah dan PDM yang berjalan harmonis dan
saling menguntungkan.
3.
Dukungan dari warga sekitar sekolah yang cukup baik.
|
1.
Persaingan dengan sekolah-sekolah yang sama, baik sesama sekolah
swasta, ataupun negeri.
2.
Munculnya image bahwa sekolah Muhammadiyah adalah “bengkel manusia”.
3.
Adanya persepsi minor, khususnya dari orangtua siswa, bahwa dana BOS
adalah untuk SPP siswa. Begitupula dengan panggilan kepada orangtua siswa ke
sekolah.
|
Analisis
SWOT digunakan untuk mengembangkan berbagai alternatif strategi dengan
memanfaatkan kekuatan dan peluang guna menutupi kelemahan dan ancaman.
Oleh karena
itu, pada bagian berikut dilakukan analisis silang antara unsur-unsur dari
analisis SWOT.
STRENGTHS
(S)
|
WEAKNESSES
(W)
|
|
1. Guru yang loyal, khususnya guru
muda.
2. Sebagai salah satu sayap dakwah
Persyarikatan Muhammadiyah.
3. Semangat pantang menyerah.
4. Tenaga pengajar yang memadai.
5. Libur sekolah pada hari Ahad
(sebelumnya hari Jum’at).
|
1. Gaji guru yang belum layak.
2. Letak geografis yang kurang
representatif.
3. Masih harus menjadi single
fighter.
4. Biaya operasional sekolah yang
masih kurang, sehingga muncul plesetan MBS, kepanjangan dari “Manajemen
Berbiaya Seadanya”.
5. Pelayanan yang masih perlu
ditingkatkan.
|
|
OPPORTUNITIES
(O)
|
STRATEGI
S-O
|
STRATEGI
W-O
|
1. Dimata dinas pendidikan, tidak
ada perbedaan antara sekolah negeri ataupun sekolah swasta.
2. Kerjasama dengan komite sekolah
dan PDM yang berjalan harmonis dan saling menguntungkan.
3. Dukungan dari warga sekitar
sekolah yang cukup baik.
|
1. Menguatkan kualitas komunikasi
internal maupun eksternal sekolah.
2. Menjaga loyalitas dan
integritas komponen SDM sekolah.
3. Mempertahankan citra positif
sekolah sebagai “sekolah alternatif” yang bermutu.
|
1. Membangun citra.
2. Secara aktif menangkap peluang bantuan-bantuan
dari pihak luar.
3. Meningkatkan pelayanan sekolah.
4. Mengoptimalkan manajemen keuangan
sekolah.
|
THREATS
(T)
|
STRATEGI
S-T
|
STRATEGI
W-T
|
1. Persaingan dengan
sekolah-sekolah yang sama, baik sesama sekolah swasta, ataupun negeri.
2. Munculnya image bahwa
sekolah Muhammadiyah adalah “bengkel manusia”.
3. Adanya persepsi minor,
khususnya dari orangtua siswa, bahwa dana BOS adalah untuk SPP siswa.
Begitupula dengan panggilan kepada orangtua siswa ke sekolah.
|
1. Meningkatkan jaminan mutu
sekolah.
2. Aktif dalam keikutsertaan PSB On-line.
3. Menyemarakkan
pertemuan-pertemuan dengan stake-holders sekolah.
4. Aktif melakukan kerja sama
dengan pihak luar sekolah.
5. Melakukan penjaringan (siswa)
langsung ke sekolah-sekolah dasar.
|
1. Mengadakan pendidikan parenting
bagi orang tua siswa.
2. Memperjuangkan tunjangan bagi
guru-guru senior (yang masa pengabdiannya sudah lama).
3. Mengoptimalkan akses-akses
informasi dan komunikasi yang terkait dengan sekolah.
|
Diperoleh 15 alternatif strategi SMP Muhammadiyah 6 untuk beberapa tahun
ke depan, antara lain:
1.
Menguatkan kualitas komunikasi internal maupun eksternal sekolah.
2.
Menjaga loyalitas dan integritas komponen SDM sekolah.
3.
Mempertahankan citra positif sekolah sebagai “sekolah
alternatif” yang bermutu.
4.
Membangun citra positif.
5.
Secara aktif menangkap peluang bantuan-bantuan dari pihak luar.
6.
Meningkatkan pelayanan sekolah.
7.
Mengoptimalkan manajemen keuangan sekolah.
8.
Meningkatkan jaminan mutu sekolah.
9.
Aktif dalam keikutsertaan PSB On-line.
10. Menyemarakkan pertemuan-pertemuan
dengan stake-holders sekolah.
11. Aktif melakukan kerja sama dengan
pihak luar sekolah.
12. Melakukan
penjaringan (siswa) langsung ke sekolah dasar-sekolah dasar.
13. Mengadakan pendidikan parenting
bagi orang tua siswa.
14. Memperjuangkan
tunjangan bagi guru-guru senior (yang masa pengabdiannya sudah lama).
15. Mengoptimalkan
akses-akses informasi dan komunikasi yang terkait dengan sekolah.
III. IDENTIFIKASI
DAN PENILAIAN TERHADAP HARAPAN STAKE-HOLDERS
Agar
dapat mengetahui secara tepat harapan stake-holders terhadap SMP Muhammadiyah 6
Yogyakarta, maka dilakukan survei terbatas.
Untuk
itu, SMP Muhammadiyah 6 menentukan stake-holders yang dianggap berhubungan
langsung dengan lembaga pendidikan, antara lain:
1. Kepala Sekolah
2. Komite Sekolah
3. Guru
4. Pimpinan
Muhammadiyah (PDM Majelis Dikdasmen)
5. Tenaga Pendukung
(Karyawan)
6. Siswa
Secara
rinci, harapan stake-holders maupun penilaian terhadap sejauh mana SMP Muhammadiyah
6 Yogyakarta telah mampu bekerja dan melayani guna memenuhi harapan tersebut
ditunjukkan dalam tabel berikut ini:
IV. ANALISIS PILIHAN
STRATEGI
Dari
analisis harapan stakeholders di atas ditemukan 10 harapan stakeholders yang
masuk dalam kategori Prioritas Tinggi (PT), yaitu:
Untuk
keperluan analisis pilihan strategi, 10 harapan yang masuk dalam kategori PT
diberi kode sebagai berikut:
A :
B :
C :
D :
Dengan
demikian setiap item alternatif strategi dianalisis apakah sesuai dengan misi
SMP Muhammadiyah 6 serta apakah menyumbang
Catatan: Bagi teman-teman yang ingin tugasnya diposting di blog ini, bisa kirim filenya ke email biep458@gmail.com dengan menyertakan Nama Lengkap dan Nomor Mahasiswa atau ketemu langsung dengan saudara Muhammad Furqan Ab (20100720067) di kampus tercinta, CP: 085235554237. Jazakumullah... (Indahnya Berbagi.......)