Contoh Laporan Tugas Lapangan Perencanaan Sistem PAI

1.        Nama Sekolah                         : SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta
Alamat Sekolah                        : Jl. KH. Wachid Hasyim No. 87 Yogyakarta 55262
2.        Status Akreditasi                      : Terakreditasi “A”       Tgl. 12 Oktober 2009
NSS/NIS                                 : 20 20 46 007 053/20 022 0
NDS                                        : 2004 05 0018
3.        Nama Persyarikatan                 : Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta
Alamat Persyarikatan               : Jl. Sultan Agung No. 14 Yogyakarta 55151
Kecamatan                              : Mergangsan
Kabupaten                              : Kota Yogyakarta
4.        Akte Pendirian Persyarikatan   : No. 23528/MPK/’74   Tgl. 24 Juli 1974
5.        Perkembangan Siswa              : Tahun 2009 s.d Tahun 2011


I.          TUJUAN
1.      Tujuan Pendidikan Nasional
Untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
2.      Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan Dasar
Tujuan pendidikan dasar mengacu pada tujuan umum pendidikan dasar yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
3.      Tujuan Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah
Membentuk manusia Muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cakap, percaya diri sendiri, berdisiplin, bertanggungjawab, cinta tanah air, memajukan dan memperkembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan, dan beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah swt.

B.      VISI SEKOLAH (SMP Muhammadiyah 6)
Mewujudkan Generasi yang Cerdas, Terampil dan Berakhlakul Karimah.
Indikator:
a.      Unggul dalam perolehan nilai Ujian Nasional
b.      Unggul dalam penguasaan IMTAQ dan IPTEK
c.       Unggul dalam prestasi olahraga dan seni
d.      Unggul dalam bidang akademik
e.       Meningkatnya disiplin dari seluruh warga sekolah

C.      MISI SEKOLAH
a.      Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar seefektif mungkin, inovatif dan kreatif.
b.      Mengaktualisasikan amalan-amalan ibadah dengan tertib dan benar.
c.       Menyelenggarakan dan mengaktifkan organisasi IPM sebagai organisasi intra sekolah.
d.      Membiasakan hidup secara Islami dan berakhlakul karimah.
e.      Menanamkan kesadaran sikap disiplin.
f.        Meningkatkan kemampuan peserta didik di bidang teknologi, informasi dan komunikasi.

D.     TUJUAN SEKOLAH
Sesuai dengan visi dan misi sekolah, tujuan perguruan Muhammadiyah serta tujuan SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta, mengantarkan peserta didik untuk:
a)      Mampu melaksanakan dan mengamalkan ibadah dengan tertib.
b)      Mampu membaca Al-Quran dengan baik dan lancar.
c)      Mampu mewujudkan generasi yang berakhlak mulia.
d)      Memiliki keterampilan komputer dalam mengakses internet.
e)     Mampu mengembangkan ide, gagasan yang tertuang dalam karya ilmiah, majalah dinding, Mulok batik dan komputer grafis.
f)       Mempunyai kreatifitas seni dan olahraga.
g)      Rata-rata nilai UN setiap tahun ada kenaikan 0,5.
h)      Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik  (Student Centered Learning), antara lain; CTL, serta layanan bimbingan dan konseling.
i)        Mempunyai kreatifitas dalam bidang MIPA.
j)        Melestarikan budaya daerah melalui Mulok Bahasa Jawa dengan indikator, 65 % peserta didik mampu berbahasa Jawa sesuai dengan konteks.
k)      Menjadikan peserta didik memiliki kesadaran terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya.
l)        Memiliki ruang belajar/kelas yang kondusif dengan fasilitas belajar yang lengkap.
m)   Memiliki laboratorium IPA dengan fasilitas dan peralatan yang lengkap.
n)      Memiliki lingkungan sekolah yang nyaman, menyenangkan dan kondusif untuk kegiatan belajar mengajar.
o)      Memiliki guru yang profesional sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
p)      Mampu menjalin kerja sama yang harmonis dengan berbagai pihak pemerhati pendidikan.

II.         ANALISIS SWOT DAN IDENTIFKASI ALTERNATIF STRATEGI

Analisis SWOT dilakukan untuk menilai dalam sarana manakah SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta kuat dan dalam sarana manakah lembaga pendidikan ini lemah, serta peluang-peluang dan ancaman-ancaman yang berasal dari luar lembaga. Jadi, kekuatan dan kelemahan ada dalam tubuh lembaga (internal), sedangkan peluang dan ancaman berasal dari luar lembaga (eksternal).

Analisis SWOT terhadap SMP Muhammadiyah 6 dirumuskan dalam bentuk matriks Ordo 2 x 2 berikut ini.

STRENGTHS ATAU KEKUATAN (S)
WEAKNESSES ATAU KELEMAHAN (W)
1.      Guru yang loyal, (khususnya guru muda).
2.      Sebagai salah satu sayap dakwah Persyarikatan Muhammadiyah.
3.      Semangat pantang menyerah.
4.      Tenaga pengajar yang memadai.
5.      Libur sekolah pada hari Ahad (sebelumnya hari Jum’at).
1.      Gaji guru yang belum layak.
2.      Letak geografis yang kurang representatif.
3.      Masih harus menjadi single fighter.
4.      Biaya operasional sekolah yang masih kurang, sehingga muncul plesetan MBS, kepanjangan dari “Manajemen Berbiaya Seadanya”.
5.      Pelayanan yang kurang memadai.
OPPORTUNITIES ATAU PELUANG (O)
THREATS ATAU ANCAMAN (T)
1.      Dimata dinas pendidikan, tidak ada perbedaan antara sekolah negeri ataupun sekolah swasta.
2.      Kerjasama dengan komite sekolah dan PDM yang berjalan harmonis dan saling menguntungkan.
3.      Dukungan dari warga sekitar sekolah yang cukup baik.
1.      Persaingan dengan sekolah-sekolah yang sama, baik sesama sekolah swasta, ataupun negeri.
2.      Munculnya image bahwa sekolah Muhammadiyah adalah “bengkel manusia”.
3.      Adanya persepsi minor, khususnya dari orangtua siswa, bahwa dana BOS adalah untuk SPP siswa. Begitupula dengan panggilan kepada orangtua siswa ke sekolah.

   Analisis SWOT digunakan untuk mengembangkan berbagai alternatif strategi dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang guna menutupi kelemahan dan ancaman.
     Oleh karena itu, pada bagian berikut dilakukan analisis silang antara unsur-unsur dari analisis SWOT.


STRENGTHS (S)
WEAKNESSES (W)

1.    Guru yang loyal, khususnya guru muda.
2.    Sebagai salah satu sayap dakwah Persyarikatan Muhammadiyah.
3.    Semangat pantang menyerah.
4.    Tenaga pengajar yang memadai.
5.    Libur sekolah pada hari Ahad (sebelumnya hari Jum’at).
1.    Gaji guru yang belum layak.
2.    Letak geografis yang kurang representatif.
3.    Masih harus menjadi single fighter.
4.    Biaya operasional sekolah yang masih kurang, sehingga muncul plesetan MBS, kepanjangan dari “Manajemen Berbiaya Seadanya”.
5.    Pelayanan yang masih perlu ditingkatkan.
OPPORTUNITIES (O)
STRATEGI S-O
STRATEGI W-O
1.    Dimata dinas pendidikan, tidak ada perbedaan antara sekolah negeri ataupun sekolah swasta.
2.    Kerjasama dengan komite sekolah dan PDM yang berjalan harmonis dan saling menguntungkan.
3.    Dukungan dari warga sekitar sekolah yang cukup baik.
1.    Menguatkan kualitas komunikasi internal maupun eksternal sekolah.
2.    Menjaga loyalitas dan integritas komponen SDM sekolah.
3.    Mempertahankan citra positif sekolah sebagai “sekolah alternatif” yang bermutu.
1.    Membangun citra.
2.    Secara aktif menangkap peluang bantuan-bantuan dari pihak luar.
3.    Meningkatkan pelayanan sekolah.
4.    Mengoptimalkan manajemen keuangan sekolah.
THREATS (T)
STRATEGI S-T
STRATEGI W-T
1.    Persaingan dengan sekolah-sekolah yang sama, baik sesama sekolah swasta, ataupun negeri.
2.    Munculnya image bahwa sekolah Muhammadiyah adalah “bengkel manusia”.
3.    Adanya persepsi minor, khususnya dari orangtua siswa, bahwa dana BOS adalah untuk SPP siswa. Begitupula dengan panggilan kepada orangtua siswa ke sekolah.
1.    Meningkatkan jaminan mutu sekolah.
2.    Aktif dalam keikutsertaan PSB On-line.
3.    Menyemarakkan pertemuan-pertemuan dengan stake-holders sekolah.
4.    Aktif melakukan kerja sama dengan pihak luar sekolah.
5.    Melakukan penjaringan (siswa) langsung ke sekolah-sekolah dasar.
1.    Mengadakan pendidikan parenting bagi orang tua siswa.
2.    Memperjuangkan tunjangan bagi guru-guru senior (yang masa pengabdiannya sudah lama).
3.    Mengoptimalkan akses-akses informasi dan komunikasi yang terkait dengan sekolah.

Diperoleh 15 alternatif strategi SMP Muhammadiyah 6 untuk beberapa tahun ke depan, antara lain:
1.        Menguatkan kualitas komunikasi internal maupun eksternal sekolah.
2.        Menjaga loyalitas dan integritas komponen SDM sekolah.
3.        Mempertahankan citra positif sekolah sebagai “sekolah alternatif” yang bermutu.
4.        Membangun citra positif.
5.        Secara aktif menangkap peluang bantuan-bantuan dari pihak luar.
6.        Meningkatkan pelayanan sekolah.
7.        Mengoptimalkan manajemen keuangan sekolah.
8.        Meningkatkan jaminan mutu sekolah.
9.        Aktif dalam keikutsertaan PSB On-line.
10.    Menyemarakkan pertemuan-pertemuan dengan stake-holders sekolah.
11.    Aktif melakukan kerja sama dengan pihak luar sekolah.
12.    Melakukan penjaringan (siswa) langsung ke sekolah dasar-sekolah dasar.
13.    Mengadakan pendidikan parenting bagi orang tua siswa.
14.    Memperjuangkan tunjangan bagi guru-guru senior (yang masa pengabdiannya sudah lama).
15.    Mengoptimalkan akses-akses informasi dan komunikasi yang terkait dengan sekolah.

III.      IDENTIFIKASI DAN PENILAIAN TERHADAP HARAPAN STAKE-HOLDERS

Agar dapat mengetahui secara tepat harapan stake-holders terhadap SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta, maka dilakukan survei terbatas.
Untuk itu, SMP Muhammadiyah 6 menentukan stake-holders yang dianggap berhubungan langsung dengan lembaga pendidikan, antara lain:
1.      Kepala Sekolah
2.      Komite Sekolah
3.      Guru
4.      Pimpinan Muhammadiyah (PDM Majelis Dikdasmen)
5.      Tenaga Pendukung (Karyawan)
6.      Siswa
Secara rinci, harapan stake-holders maupun penilaian terhadap sejauh mana SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta telah mampu bekerja dan melayani guna memenuhi harapan tersebut ditunjukkan dalam tabel berikut ini:


IV.      ANALISIS PILIHAN STRATEGI
Dari analisis harapan stakeholders di atas ditemukan 10 harapan stakeholders yang masuk dalam kategori Prioritas Tinggi (PT), yaitu:

Untuk keperluan analisis pilihan strategi, 10 harapan yang masuk dalam kategori PT diberi kode sebagai berikut:
A   :
B   :
C   :
D  :

Dengan demikian setiap item alternatif strategi dianalisis apakah sesuai dengan misi SMP Muhammadiyah 6 serta apakah menyumbang 

Catatan: Bagi teman-teman yang ingin tugasnya diposting di blog ini, bisa kirim filenya ke email biep458@gmail.com dengan menyertakan Nama Lengkap dan Nomor Mahasiswa atau ketemu langsung dengan saudara Muhammad Furqan Ab (20100720067) di kampus tercinta, CP: 085235554237. Jazakumullah... (Indahnya Berbagi.......)