Penelitian Jurnal Pendidikan Oleh Muhammad Furqan Abdullah
(20100720067) Sebagai Tugas Mata Kuliah
METOPEN Pendidikan yang Diampu Oleh Dra. Hj. Akhif Khilmiyah, M.Ag dengan Judul
Jurnal: “Pemikiran Pendidikan Menurut
S.M. Naquib al-Attas”
Ditulis Oleh: Ust. Yayat Hidayat. S.Pd.I
A. Latar Belakang
Masalah
Dalam jurnal ini penulis menceritakan latar belakang tentang
pendidikan yang merupakan bagian vital dalam kehidupan manusia. Pendidikan
(terutama Islam) – dengan berbagai coraknya - berorientasi memberikan bekal
kepada manusia (peserta didik) untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
Oleh karena itu, semestinya pendidikan (Islam) selalu diperbaharui konsep dan
aktualisasinya dalam rangka merespon perkembangan zaman yang selalu dinamis dan
temporal, agar peserta didik dalam pendidikan Islam tidak hanya berorientasi
pada kebahagiaan hidup setelah mati (eskatologis); tetapi kebahagiaan hidup di
dunia juga bisa diraih.
Dalam jurnal ini penulis juga menceritakan tentang beberapa
masalah-masalah pendidikan islam yang sedang dihadapi oleh karnanya penuis
mencoba untuk memberikan solusi dengan merujuk pada gagasan-gasan oleh bapak
pembaharu pendidikan islam yaitu Prof. DR. Syed Muhammad Naquib Al-Attas
(selanjutnya akan disebut Al-Attas) Meski, ide-ide Al-Attas tentang Islamisasi
ilmu pengetahuan dalam pendidikan Islam. Banyak memperoleh tantangan dari para
pemikir yang terlahir dari dunia Barat.
Terlepas dari itu, Al-Attas telah dikenal sebagai filosof
pendidikan Islam yang sampai saat ini kesohor di kalangan umat Islam dunia dan
juga sebagai figur pembaharu (person of reform) pendidikan Islam. Respon
positif ataupun negatif dari para intelektual yang ditujukan kepada Al-Attas
menjadikan kajian terhadap pemikiran Al-Attas semakin menarik.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang ingin dijawab oleh penulis adalah:
1. Bagaimana latar
belakang sejarah kehidupan Naquib al-Attas?
2. Bagaimana tujuan
pendidikan menurut al-Attas bagi modernisasi pendidikan Islam di Indonesia?
C. Tujuan Penelitian
Pada jurnal ini penulis bertujuan untuk
menguraii lebih dalam tentang seorang pembaharu pendidikan islam Prof. DR. Syed
Muhammad Naquib Al-Attas serta konsep pendidikan yang digagas beliau.
D. Kegunaan / Manfaat
Penelitian
Mengevaluasi secara
kritis pemikiran Al-Attas; kekuatan dan kelemahan, sehingga kita dapat
mengetahui apakah konsep tersebut dapat diterapkan dalam moderenisasi
pendidikan yang ada di Indonesia.
E. Landasan Teori
1. Sejarah Hidup dan Riwayat Pendidikannya
Dalam jurnal ini penulis menceritakan tentang riwayat hidup dan
pendidikan beliau dari dari kecil hingga beliau menyelesaikan pascasarjana di
University of London tahun 1963-1964 dan mendapat gelar Ph. D.
2. Corak pemikiran pendidikan Al-Attas
Menjelaskan pemikiran pendidikan yang ditawarkan oleh Al-Attas,
yang mana beliau berusaha menampilkan wajah pendidikan Islam sebagai suatu
sistem pendidikan terpadu. Hal tersebut dapat dilihat dari tujuan pendidikan
yang dirumuskannya, yakni tujuan pendidikan dalam Islam harus mewujudkan
manusia yang baik, yaitu manusia universal (Al-Insan Al-Kamil).
3. Kondisi obyektif pendidikan Islam dewasa ini
Untuk memotret bagaimana kondisi dunia pendidikan Islam dewasa ini,
setidaknya bisa dicerna pandangan dan penilaian kritis para cendekiawan muslim,
dimana secara makro dapat disimpulkan bahwa ia masih mengalami keterjajahan
oleh konsepsi pendidikan Barat. Walaupun statemen ini berupa tesis atau
hipotesa yang perlu dikaji ulang, tetapi ia sangat penting sebagai cermin dan
refleksi untuk memperbaiki wajah pendidikan Islam yang dicita-citakan.
4. Menuju paradigma pendidikan Islam
Memaparkan beberapa alasan mendasar tentang pentingnya realisasi
paradigma pendidikan Islam.
5. Aktualisasi konsep Al-Attas dalam pendiikan Islam masa kini
Menjelaskan konsep pendidikan Islam yang terformula dalam konsep
ta'dib yang ditawarkan Al-Attas, untuk diaktualisasikan dan di implementasikan
dalam dunia pendidikan Islam.
F. Metode Penelitian dan Pengumpulan Data
Penulisan makalah ini
ditulis dengan menggunakan kajian literatur atau kepustakaan (library research)
yang bersifat kontemporer dengan sudut pandang filsafat pendidikan. Data yang
dipakai bersumber dari buku-buku, majalah-majalah, artikel-artikel, dan
tulisan-tulisan yang berkaitan dengan pemikiran Al-Attas dan pendidikan.
Rujukan utama (primer) adalah karya-karya yang ditulis Al-Attas. Sementara
rujukan sekunder adalah karya-karya intelektual mengenai pemikiran Al-Attas.