Contoh Penelitian Jurnal Pendidikan Mata Kuliah METOPEN


Penelitian Jurnal Pendidikan Oleh Muhammad Furqan Abdullah (20100720067)  Sebagai Tugas Mata Kuliah METOPEN Pendidikan yang Diampu Oleh Dra. Hj. Akhif Khilmiyah, M.Ag dengan Judul Jurnal:  “Pemikiran Pendidikan Menurut S.M. Naquib al-Attas
Ditulis Oleh: Ust. Yayat Hidayat. S.Pd.I

A.        Latar Belakang Masalah

Dalam jurnal ini penulis menceritakan latar belakang tentang pendidikan yang merupakan bagian vital dalam kehidupan manusia. Pendidikan (terutama Islam) – dengan berbagai coraknya - berorientasi memberikan bekal kepada manusia (peserta didik) untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Oleh karena itu, semestinya pendidikan (Islam) selalu diperbaharui konsep dan aktualisasinya dalam rangka merespon perkembangan zaman yang selalu dinamis dan temporal, agar peserta didik dalam pendidikan Islam tidak hanya berorientasi pada kebahagiaan hidup setelah mati (eskatologis); tetapi kebahagiaan hidup di dunia juga bisa diraih.

Dalam jurnal ini penulis juga menceritakan tentang beberapa masalah-masalah pendidikan islam yang sedang dihadapi oleh karnanya penuis mencoba untuk memberikan solusi dengan merujuk pada gagasan-gasan oleh bapak pembaharu pendidikan islam yaitu Prof. DR. Syed Muhammad Naquib Al-Attas (selanjutnya akan disebut Al-Attas) Meski, ide-ide Al-Attas tentang Islamisasi ilmu pengetahuan dalam pendidikan Islam. Banyak memperoleh tantangan dari para pemikir yang terlahir dari dunia Barat.

Terlepas dari itu, Al-Attas telah dikenal sebagai filosof pendidikan Islam yang sampai saat ini kesohor di kalangan umat Islam dunia dan juga sebagai figur pembaharu (person of reform) pendidikan Islam. Respon positif ataupun negatif dari para intelektual yang ditujukan kepada Al-Attas menjadikan kajian terhadap pemikiran Al-Attas semakin menarik.

B.        Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang ingin dijawab oleh penulis adalah:
1.    Bagaimana latar belakang sejarah kehidupan Naquib al-Attas?
2.  Bagaimana tujuan pendidikan menurut al-Attas bagi modernisasi pendidikan Islam di Indonesia?

C.        Tujuan Penelitian
        Pada jurnal ini penulis bertujuan untuk menguraii lebih dalam tentang seorang pembaharu pendidikan islam Prof. DR. Syed Muhammad Naquib Al-Attas serta konsep pendidikan yang digagas beliau.

D.        Kegunaan / Manfaat Penelitian
         Mengevaluasi secara kritis pemikiran Al-Attas; kekuatan dan kelemahan, sehingga kita dapat mengetahui apakah konsep tersebut dapat diterapkan dalam moderenisasi pendidikan yang ada di Indonesia.

E.        Landasan Teori
1. Sejarah Hidup dan Riwayat Pendidikannya
Dalam jurnal ini penulis menceritakan tentang riwayat hidup dan pendidikan beliau dari dari kecil hingga beliau menyelesaikan pascasarjana di University of London tahun 1963-1964 dan mendapat gelar Ph. D.

2. Corak pemikiran pendidikan Al-Attas
Menjelaskan pemikiran pendidikan yang ditawarkan oleh Al-Attas, yang mana beliau berusaha menampilkan wajah pendidikan Islam sebagai suatu sistem pendidikan terpadu. Hal tersebut dapat dilihat dari tujuan pendidikan yang dirumuskannya, yakni tujuan pendidikan dalam Islam harus mewujudkan manusia yang baik, yaitu manusia universal (Al-Insan Al-Kamil).

3. Kondisi obyektif pendidikan Islam dewasa ini
Untuk memotret bagaimana kondisi dunia pendidikan Islam dewasa ini, setidaknya bisa dicerna pandangan dan penilaian kritis para cendekiawan muslim, dimana secara makro dapat disimpulkan bahwa ia masih mengalami keterjajahan oleh konsepsi pendidikan Barat. Walaupun statemen ini berupa tesis atau hipotesa yang perlu dikaji ulang, tetapi ia sangat penting sebagai cermin dan refleksi untuk memperbaiki wajah pendidikan Islam yang dicita-citakan.

4. Menuju paradigma pendidikan Islam
Memaparkan beberapa alasan mendasar tentang pentingnya realisasi paradigma pendidikan Islam.

5. Aktualisasi konsep Al-Attas dalam pendiikan Islam masa kini
Menjelaskan konsep pendidikan Islam yang terformula dalam konsep ta'dib yang ditawarkan Al-Attas, untuk diaktualisasikan dan di implementasikan dalam dunia pendidikan Islam.

F. Metode Penelitian dan Pengumpulan Data
       Penulisan makalah ini ditulis dengan menggunakan kajian literatur atau kepustakaan (library research) yang bersifat kontemporer dengan sudut pandang filsafat pendidikan. Data yang dipakai bersumber dari buku-buku, majalah-majalah, artikel-artikel, dan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan pemikiran Al-Attas dan pendidikan. Rujukan utama (primer) adalah karya-karya yang ditulis Al-Attas. Sementara rujukan sekunder adalah karya-karya intelektual mengenai pemikiran Al-Attas.

Catatan: Bagi teman-teman yang ingin tugasnya diposting di blog ini, bisa kirim filenya ke email biep458@gmail.com dengan menyertakan Nama Lengkap dan Nomor Mahasiswa atau ketemu langsung dengan saudara Muhammad Furqan Ab (20100720067) di kampus tercinta, CP: 085235554237. Jazakumullah... (Indahnya Berbagi.......)