Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan
|
:
|
X
Aliyah
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Aqidah
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/1
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
Menguatkan
Aqidah dengan memahami hakikat Islam, sumber, aspek, karakteristik dan ruang
lingkupnya.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Membaca
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Aqidah Islam.
|
Indikator
|
Menjelaskan
pengertian Dinul Islam dan Aqidah Islam.
|
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
15 menit
(1 x pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat menjelaskan pengertian Dinul Islam dan Aqidah Islam.
Materi Pembelajaran
- Pengertian Dinul Islam
- Pengertian Aqidah Islam
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi (Tanya jawab)
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Guru memulai proses pembelajaran dengan mengucapkan salam.
- Guru bertanya kepada siswa mengenai pengetahuan mereka tentang dinul Islam dan Aqidah Islam.
- Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya memahami hakikat Islam dan manfaatnya.
Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan pengertian dinul Islam dan Aqidah Islam dengan memaparkan ayat-ayat Al-Qur’an maupun Al-Hadits yang berkaitan dengan Aqidah Islam.
- Siswa membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang Aqidah Islam.
- Siswa menelaah materi yang telah dipaparkan oleh guru.
Kegiatan Penutup
- Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
- Guru mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam.
Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Aqidah untuk kelas X Aliyah, yang
diterbitkan oleh Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.
·
Mushaf Al-Qur’an.
·
Sumber lain yang terkait.
Penilaian
Teknik
- Tes tertulis
Bentuk Instrumen
- Tes uraian
Instrumen
1.
Jelaskan
pengertian dinul Islam!
2.
Jelaskan
pengertian Aqidah Islam!
|
Yogyakarta,
........................ 2011 M
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Aqidah
________________
___________________
NIP. NIP.
Saran Kepala Sekolah:
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................
..........................................................................................................................................