HYPNO-LEARNING:
Oleh: Drs. Muhsin Hariyanto, M.Ag
Oleh: Drs. Muhsin Hariyanto, M.Ag
RESEP BELAJAR EFEKTIF
Pertama: Jadilah Lebih Aktif dalam Belajar
Semakin kita aktif dalam kegiatan belajar, maka kegiatan tersebut akan menuntun untuk dekat dengan alam bawah sadar kita. Tanpa kita sadari, alam bawah sadar kita akan menjadi asyik dalam menyimak pembelajaran yang kita lakukan. Karena semakin asyik, maka alam bawah sadar kita akan senantiasa mengingat pembelajaran yang kita peroleh. Itulah yang sering kita dengar dulu, bahwa belajar sambil memraktikkan, akan lebih menancap pada otak kita dan tidak akan mudah luntur.
Kedua: Gunakan Imajinasi Kita dalam Belajar
Seperti misalnya dalam menghafal deretan angka, kita bisa mengubah angka-angka itu menjadi huruf lalu menggabungkannya menjadi kata-kata yang dapat kita susun menjadi kalimat yang mudah kita ingat. Biarkanlah setiap yang kita pelajari menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan oleh imajinasi kita.
Ketiga: Lakukan Pengulangan
Dengan mengulang-ulang suatu pekerjaan, tanpa disadari, kita akan mengingat dan fasih dengan apa yang kita kerjakan. Fenomena ini dapat kita pelajari dari seorang penjual pisang molen yang sedang mengupas, membungkus pisang, lalu menggoreng pisang itu dengan sangat terampil karena ’saking’ seringnya pekerjaan itu dilakukan.
Keempat: Fokuslah pada Tujuan
Pikiran kita yang selalu fokus, akan memacu alam bawah sadar kita untuk selalu mengacu pada tujuan yang kita capai. Dengan begitu, alam bawah sadar kita akan senantiasa menuntun otak dan perilaku kita ini untuk selalu melakukan sesuatu yang terkait tujuan akhir yang kita inginkan. Sebagai contoh, saat akhir pekan kita fokus untuk hobi kita, misalnya bermain komputer, maka bisa jadi setelah bangun pagi, hal yang kita lakukan pertama kali adalah menombol power-on komputer, lalu kita bermain tanpa kenal waktu. Seharusnya kegiatan belajar kita sehari-hari juga sefokus saat kita bermain.
(Dikutip dan diselaraskan dari: http://deznote.do.am/blog/belajar_cepat_dan_efektif_dengan_metode_hypno_learning/2011-03-26-37)