Zikir dan Kesalehan Sosial



Asyik juga ’ngobrol bareng’ Mas Thole. Salah seorang pemungut sampah di kampung kami, yang setiap hari mengangkut sampah-sampah depan rumah.Tidak ada yang istimewa dari Dia, kecuali keyakinan dirinya terhadap filosofi ”SapuLidi’. Sebuah filosofi sederhana yang menjadikan dirinya memahami artipentingnya ”kerjasama”. Dia yakin bahwa tanpa orang lain, bukanlah siapa-siapa, sebagaimana juga ’sapu lidi’, tanpa bersatunya lidi-lidi yang ada dalam (kumpulan) sapu itu, masing-masing akan hanya menjadi entitas-entitas kurang bermakna. Tetapi, karena penyatupaduan antarlidi, sapu lidi itu pun bisa dia gunakan untuk menyapu bersih halaman-halaman rumah tempat dia memungut sampah.

Mas Thole, panggilan akrab pemilik nama lengkap “Budi Siswanto”, menerjemahkan gagasan ”Segoro Amarta” (Semangat Gotong Royong Agawe Majune Ngayogyakarta)-nya dengan pembuktian bahwa budaya ’kebersamaan’ bisa diwujudkan menjadi ’etos kerja’-nya dan juga (etos kerja) seluruh komponen masyarakat yang mau mengerti arti pentingnya semangat ukhuwwah, yang akhirnya berbuah (menjadi) kemashlahatan kolektif. Pembuktian kongkretnya adalah kerjasama antarkompenen masyarakat yang dimulai sendiri oleh Mas Thole (Sang Pemungut Sampah) – dengan semangat ibda’ bi nafsik -- bersama seluruh anggota masyarakat di kampungnya. Sampah-sampah berserakan – yang oleh sebagian orang dianggap tak berguna -- pun terangkut, diterima oleh para pengolah (sampah), dan berakhir pada produk unggulan ’daur-ulang’ (sampah), menjadi sejumlah komoditas yang layak jual dan – juga – layak pakai. Semuanya berawal dari kepedulian (dari dan oleh) masyarakat menjadi kemashlahatan (untuk) masyarakat. Semua berawal dari onggokan sampah, yang dikarenakan oleh ‘etoskerja’ seorang anak manusia seperti Mas Thole, yang dibangun bersama-sama dengan kepedulian seluruh anggota masyarakat, sampah-sampah pun – kata salah seorang tetangga penulis yang kebetulan menjadi guru bahasa Inggris di sebuah sekolah -- akhirnya bisa menjadi ’the most useful good’  (barang yang sangat berguna) untuk sebagian besar anggota masyarakat. Bukan saja masyarakat di kampung ‘Mas Thole’, tetapi juga para pengguna barang-barang daur ulang dari olahan tangan-tangan terampil dari (bahan) sampah yang dipungut oleh Mas Thole.    

Bersentuhan dengan obrolan bersama Mas Thole, penulis ingat dengan  catatan harian penulis. Ustadz M. Arifin Ilham, sebagaimana catatan harian penulis, pernah menyatakan bahwa zikir merupakan makanan ruhani yang paling bergizi serta membangkitkan selera ibadah dan akhlak mulia. Zikir juga menjadi benteng dari gangguan setan. Dengan berzikir, peluang kita untuk mendapatkan husnul khâtimah juga semakin terbuka. Zikir menjadi ibadah yang bisa dilakukan kapan pun, di mana pun, dan dalam kondisi bagaimana pun. Selama kita berzikir, selama itu pula "kita" bersama Allah SWT. 

 Catatan harian itu pun penulis beri catatan kaki, bahwa zikir (kolektif), sebagaimana acara ‘tahlilan’ di kampung dan desa-desa yang sudah berlangsung berabad-abad lamanya di negeri kita tercinta, telah menjadi  pilahan dari budaya kita. Meskipun bukan merupakan bagian dari syari’at Islam, sebab tidak pernah dicontohkan, diperintahkan, dan juga tidak pernah dilarang oleh Nabi Muhammad s.a.w., tradisi tersebut seolah-seolah sudah menjadi acara ’ritual wajib’ bagi sebagian kelompok masyarakat  pada momentum-momentum tertentu. Dan kata sebagian orang, acara ritual seperti itu merupakan simbol dari kesalehan kita (umat Islam). 

Sejauh pengamatan penulis, ’Mas Thole’ belum pernah ikut (terlibat) dalam acara seperti itu. Dia yang tak pernah mengikuti acara ’tahlilan’ dan juga ’zikir’ berjamaah.  Dalam hal ber’tahlilan’ dan ’zikir berjamaah’, Dia tak sepaham dengan kawan-kawannya. Namun, untuk urusan kepeduliannya terhadap kawan sejawat dan orang-orang yang mengitarinya, Dia  bisa disebut sangat 'saleh'. Kenapa? Karenah hampir setiap saat “Dia” selalu siap untuk berzikir dalam tindakan nyata, dengan cara ’membantu siapa pun yang memerlukan uluran tangannya’, tanpa basa-basi. Dia mendapat predikat – dari orang-orang di sekitarnya – sebagai "orang saleh". Tepatnya, orang yang memiliki kesalehan sosial. Dia, katanya, belum pernah sekali pun mengikuti acara (formal) "majelis zikir (berjamaah)". Tapi, zikirnya dalam bentuk aksi (tindakan nyata) selalu dikerjakannya, bahkan – katanya – 'nggak pernah' berpikir "berapa pahalanya" yang bisa diperoleh dari sepak-terjangnya itu. Semuanya mengalir begitu saja, karena dia ingat bahwa ’pahala’ itu adalah urusan Allah. Meminjam istilah para pakar/ulama, ’Kita’ – katanya– hanya diperintah untuk melaksanakan syari’atNya secara dengan ikhlas karenaNya.

Sebagai bagian dari warga Muhammadiyah ’biasa’ di kawasan perkampungan/pedesaan, dibandingkan dengan para tokoh Muhammadiyah, Dia – mungkin saja – belum sempat membaca atau memahami dengan cermat isi buku Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah yang telah diterbitkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Tetapi perilakunya – dalam banyak hal – sudah mencerminkan isi buku itu, utamanya pada sub bagian "Kehidupan Bermasyarakat". Dia – sangat mungkin – sudah memiliki kesadaran untuk berislam dalam ranah ini. Sebagaimama isi Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah itu, yang menyatakan– antara lain - bahwa ”Islam mengajarkan agar setiap muslim menjalin persaudaraan dan kebaikan dengan sesama”.

Kesalehan sosial ”Mas Thole” muncul sebagai imbangan dari kesalehan individualnya yang oleh orang lain banyak dikritik, karena ’dia” jarang terlibat dalam acara ’tahlilan’, apalagi zikir berjamaah yang sekarang sedang ’marak’ itu. Didasarkan pada asumsi bahwa setiap perilaku seorang muslim, di samping harus memberi makna kepada dirinya, juga harus berdampak nyata dalam kehidupan sosialnya, Dia berhasil menerjemahkan konsep  "amal saleh", yang antara lain tertuang dalam QS al-Mâ'ûn, dengan berbuat baik kepada siapa pun. Dia memiliki simpulan penting dalam menerjemahkan 'amal-saleh'. Menurut pendapatnya, selama seorang muslim mengaku beriman, tetapi belum bisa membuktikan imannya dalam bentuk amal saleh, maka tidaklah sempurna imannya. 

Iman sebagai bentuk kepasrahan dan penyerahan diri kepada Allah bersifat personal harus melahirkan berbagai konsekuensi tingkah laku, antara lain dalam ranah kehidupan sosial. Iman yang berdimensi vertikal (hablun min Allâh), di samping harus menghasilkan sejumlah karya-nyata individual,  dalam dimensi horizontal (hablun min an-nâs), juga seharusnya menghasilkan karya-karya sosial-kemanusiaan dalam seluruh aspek kehidupan nyata.

Penulis pun – seperti halnya Mas Thole -- tidak menyangkal bahwa kegiatan zikir ’formal’ – layaknya zikir berjamaah yang berbentuk al-zikr bi al-lisân,  temasuk di dalamnya parade ceramah pada setiap momentum tertentu -- seperti itu bukanlah sesuatu yang selalu (sama sekali) 'mubazir'. Tetapi – dalam pencermatan penulis – terkadang terkesan berlebihan.  Sekarang ini, sudah saatnya kita eksperimentasikan keimanan kita dalam bentuk zikir yang lebih bermakna: ”zikir dalam bentuk aksi-sosial, membangun kesalehan sosial yang lebih bermakna”, dari, oleh dan untuk kita bersama, dengan ruh/spirit/semangat fastabiqû al-khairât.

Penulis adalah Dosen Tetap FAI UM Yogyakarta dan Dosen Tidak Tetap STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta

*Tulisan ini diambil dari catatan facebook beliau disini